Kapolda Lampung Kunjungi Kapolres Mesuji

Perintisnew.com – Kapolres Mesuji Polda Lampung bersama Jajaran menyambut Kedatangan Kapolda Lampung dalam Giat Kunjungannya di Mako Polres Mesuji. Kamis (04/08/22) di Desa Wira Bangun, Kecamatan Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji.

Pada Kunjungannya kali ini Kapolda Lampung Irjen Pol Dr. Akhmad Wiyagus S.Ik, M.Si, M.M di dampingi oleh Karo Ops Polda Lampung Kombes Pol. Amiludin Roemtaat S.Ik, Dir Lantas Polda Lampung Kombes Pol. Medyanta S.Ik, Kabid Propam Polda Lampung Kombes Pol. Mohammad Syarhan S.Ik, M.H, Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol. Zahwani Pandra Arsyad S.H, M.Si, Koorspripim Polda Lampung AKBP Ade Hermanto, S.I.K., S.H, Kasubdit Wisata Dit Pam Obvit Polda Lampung AKBP Hendriansyah, S.H, dan Kasat PJR Dit Pantas Polda Lampung AKBP Sugeng SW.

Dan di sambut oleh Kapolres Mesuji AKBP Yuli Haryudo S.E bersama Bupati Mesuji Drs. Sulpakar M.M, Waka Polres Mesuji Kompol Juli Sundara A.Md, Danramil 0426-01/SP Mayor Inf. Sutoto, Para PJU Polres Mesuji, Ketua NU Kabupaten Mesuji Abdul Karim Mahfud, Forkopimda Kabupaten Mesuji, Seluruh Personil Polres Mesuji serta Para Tokoh Masyarakat, Agama, dan Tokoh Adat.

Kapolres Mesuji AKBP Yuli Haryudo, dalam sambutannya mengucapkan Terimakasih atas Kunjungan Bapak Kapolda beserta Rombongan, “Disini Saya akan menjelaskan sedikit terkait Situasi Kamtibmas di Wilayah Kabupaten Mesuji. Untuk Situasi secara Umum Aman dan Kondusif”. Ucapnya

Letak geografis Kabupaten Mesuji terletak diantara 2 Kabupaten yaitu Tulang Bawang dan Oki sumatera selatan, dengan jumlah penduduk 324.583 jiwa, sedangkan personil Polres Mesuji hanya berjumlah 339 personil, yang berarti 1 personil mengawasi 700 penduduk dan mayoritas bekerja sebagai petani.

“Terdapat 4 Polsek dan 2 Polsubsektor, yang kedepannya akan di bangun 1 Polsubsektor di wilayah Kecamatan Panca Jaya. Dalam upaya menjaga situasi kamtibmas di wilayah bumi ragab Begawe Caram, jajaran melaksanakan kegiatan patroli bermalam di desa desa, serta melaksanakan patroli skala besar.

READ BACA BOS KU!!!!  Tim Penyidik Tindak Pidana Khusus, Kejari Menggala Lakukan Pengeledaan

Kemudian dalam rangka untuk mendekatkan Polri kepada masyarakat dalam bentuk Fasilitas Penyaluran Hobi, kami juga menyelenggarakan perlombaan kicau mania, jelas Yuli.

Kapolres menjelaskan, sampai saat ini kita masih terus berjibaku melawan covid-19. Dahulu Kabupaten Mesuji sempat bertahan di Zona Hijau, namun berangsur berubah menjadi Zona kuning, hingga saat ini tercatat 1207 orang terkonfirmasi positif dan 59 diantaranya meninggal dunia. Oleh sebab itu Kami berusaha semaksimal mungkin untuk mengembalikan Situasi ke Zona Hijau.

Sampai hari ini, program vaksinasi tetap dilakukan bahkan kami terus berupaya pada hari libur kegiatan vaksinasi tetap berjalan. Untuk upaya penanganan covid-19 secara maksimal, sinergitas tni polri dan Forkopimda sudah di bangun dengan baik, imbuhnya.

Sementara itu, Kapolda Lampung Irjen Pol. Akhmad Wiyagus, dalam arahannya mengatakan, saya mengucapkan terimakasih atas sambutan dari bapak Kapolres, tentunya dalam bidang pembinaan terutama SDM, hampir seluruhnya di wilayah Lampung baik Polres maupun Polsek masih mengalami keterbatasan anggota.

Kemudian lanjutnya, terkait penanganan konflik agraria, pesan saya adalah, kita tidak boleh ada di dalamnya dan tidak boleh berpihak. Kita harus menjadi mediator antara kedua pihak, lakukan kegiatan preemtif dan preventif, kemudian problem solving bersama stakeholder lainnya dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Pelaksanaan pencegahan itu tidak hanya berpatroli namun harus melakukan dialog kepada masyarakat sebagai bentuk dukungan kebijakan Kapolri tentang transformasi Polri yang presisi.

Apa yang sudah menjadi trobosan pada Polres Mesuji tentang kinerja Polri untuk menjaga situasi kamtibmas di wilayah Kabupaten Mesuji, selanjutnya untuk tetap dipertahankan dan di tingkatkan. Kebijakan Kapolri tentang transformasi Polri yang presisi harus dilaksanakan, guna meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap anggota polri.

READ BACA BOS KU!!!!  Kapolres Mesuji AKBP Yuli Haryudo S.E, Melaksanakan Giat Pengarahan Kepada Pejabat Utama Polres Mesuji

“Kepercayaan Masyarakat terhadap Polri sangat dipengaruhi oleh Tingkah Laku Anggota Polri, oleh sebab itu Propam harus tetap melakukan Pengawasan terhadap Anggota Polri”, ujar Kapolda.

Saat ini indonesia termasuk Negara yang berhasil menghadapi pandemi covid-19, jadi saya ingin rekan-rekan sekalian jadikan ini sebagai suatu apresiasi dari pemerintah terhadap instansi Polri, yang telah mendukung program untuk menghadapi pandemi covid-19, ini semua adalah peran dari kita termasuk rekan – rekan yang ada di wilayah hukum Polres Mesuji.

Ia menambahkan, sebagai Personil Polri kita harus lebih berhati – hati dalam mengklarifikasi terhadap statement – statement yang kita berikan, kemajuan teknologi menjadikan media ada di sekeliling, jadi kita harus peka terhadap apapun yang terjadi dan jaga nama baik Institusi Polri.

“Pada akhir arahan ini, pesan saya jaga kesehatanmu, jaga keselamatanmu dan jaga keluargamu, karena keluarga adalah tempat kita kembali dan karena mereka merupakan cerminan diri kita sebagai anggota Polri”. ( Rs)

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.