Bawaslu Mesuji Lakukan Audiensi Ke Dandim 0426 Tulang Bawang

Perintisnew.com
Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mesuji melakukan Audiensi ke Dandim 0426 Tulang Bawang, Rabu (27/07/2022).

Hal tersebut dilakukan mengingat pelaksanaan Pemilu yang sudah semakin dekat. Maka dari itu perlu di lakukan koordinasi menjalin kerja sama Bawaslu dengan Tentara Nasional Iindonesia (TNI).

Apri Susanto S.Pd, SH Ketua Bawaslu Bumi Ragab Begawe Caram, menjelaskan tujuan Audiensi ini untuk membangun sinergi antara Pengawas Pemilu dengan Dandim dalam proses pelaksanaan pemilu nanti.

” Kami berharap sinergi antara Bawaslu Mesuji dengan TNI terjalin dengan harmonis, terutama dalam pelaksaan Pemilu tahun 2024 yang sudah berjalan.

Apri Susanto juga menegaskan bahwa Bawaslu bertugas untuk mengawasi seluruh tahapan Pemilu sebagaimana diamanahkan Undang-undang nomor 7 tahun 2017. tetapi Bawaslu juga bertugas untuk mengawasi netralitas TNI dan Polri, Karena Undang-Undang yang mengatakan demikian, jadi Bawaslu harus memastikan TNI dan Polri tidak berpihak.

Lanjutnya,” Bukan hanya TNI dan Polri saja yang dipastikan netral tetapi kami Penyelenggara Pemilu baik Bawaslu dan KPU juga wajib netral,” Jelas Ketua Bawaslu.

Ketua Bawaslu mencontohkan seperti halnya penertiban Alat Peraga Kampanye, TNI ikut serta selalu mendampingi Bawaslu. Memastikan agar kegiatan berlangsung aman dan terkendali.

Apri bercerita pengalaman sebelumnya, pelaksanaan Pilkada Kabupaten Mesuji berjalan dengan aman. Itu semua karena adanya sinergi yang baik antara Bawaslu dengan TNI serta pihak lainnya. Itu juga harus kita lakukan dalam Pemilu tahun 2024.” Ujarnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Emron Tolib Kordiv SDM . Bahwa sinergi antara Bawaslu serta jajarannya dengan jajaran TNI sangat perlu demi terselenggaranya Pemilu tahun 2024 yang aman dan damai.

Silaturahmi antara Bawaslu Mesuji disambut hangat dengan Dandim Letnan Kolonel Inf Triano Iqbal Beliau secara terbuka mengapresiasi audiensi tersebut.

Disamping itu, Tolib mengungkapkan bahwa terselenggaranya Pemilu secara aman dan damai salah satunya tidak terlepas dari kerjasama yang baik antara Bawaslu dan TNI. Seperti halnya ketika Pilkada dan Pemilu 2019 yang lalu, sinergi antara Bawaslu dan TNI dapat terjalin dengan baik,” Tutup Emron Tolib Kordiv SDM.

READ BACA BOS KU!!!!  Kepala Desa, Agung Prihadi Bagikan BLT DD sebanyak Rp. 600.000

RENO SAPUTRA

Learn More →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.