DESA MESUJI NASIONAL

Thursday, 28 January 2021 - 03:28 WIB

1 month yang lalu

Ternyata Desa Ujung Tombak Negara Kesatua Republik Indonesia (NKRI)

KABUPATEN MESUJI Perintisnew.com : Lahirnya Undang-undang no 6 tahun 2014 tentang desa merupakan proses mengembalikan kepercayaan negara kepada desa yang selama ini menjadi objek baik dari pemerintah kabupaten sampai pemerintah pusat.

Dengan awak media perintisnew.com menyoroti Desa Mulya Agung kecamatan Simpang pematang yang dibuktikanya penerapan Asas recognisi dan asas subsidiaritas yang merupakan upaya konkret dalam mewujudkan kemandirian desa tersebut.(28/01/2021)

Oleh karena itu untuk menyikapinya perlu dipersiapkan perangkat peraturan pelaksana yang jelas baik secara substansional maupun secara operasiona. tersedianya sumber daya manusia yang kompeten dan berkomitmen serta sarana dan praserana yang mendukung, pembinaan dan pengawasan secara kontinyu dan penyediaan sumber dana.

Undang-undang no 6 tahun 2014 dan tentang undang-undang n0 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah secara jelas telah menepatkan desa sebagai suatu organisasi pemerintahan atau organisasi politik yang memiliki kewewenangan tertentu.

Wewenang tersebut ialah mengatur warga serta mengurus komunitas kepetingan masyarakat berdasarkan asal usul adat istiadat setempat, dan secara politik desa mempunyai posisi sebagai bagian dari Negara keastuan Republik Indonesia

Sedangkan otonomi desa itu adalah kesatuan Masyarakat yang  mempunyai kewenangan untuk mengurus rumah tangganya sendiri yang sesuaikan dengan ASAL USUL dan adat istiadat setempa otonomi desa dapat dikatakan merupakan upaya untuk mengembalikan kedaulatan kepada rakyat  dalam kerangka otonomi RAKYAT.(Tomy)

 

Artikel ini telah dibaca 73 kali

Baca Lainnya